21 September 2018

ADA 'CILOK' DI SEKOLAH

Apa yang terbayang pada diri Anda kalau mendengar kata 'CILOK'? Bulet-bulet, kenyal, enak, pedes, masih hangat lebih enak. Ada tambahan lagi?
.
Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.
.
Cilok adalah lakuran dari kata aci dan dicolok. Dinamakan demikian dikarenakan bahan utamanya adalah tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut aci, dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok.
.
Lantas, apa kaitan antara cilok dengan sekolah?
.
Tentunya yang dimaksud bukan sembarang cilok. Cilok adalah
kata yang terdiri dari 5 huruf yaitu C-I-L-O-K, yang bermakna :
.
C = Cekatan
I = Inisiatif
L = Lentur, Luwes
O = Open
K = Kreatif
.

Bekerja atau berkarya di sekolah akan menjadi 'enak' dan 'nikmat', kalau ada 'CILOK'. Seseorang yang bekerja dengan CEKATAN, cepat mengerti, pintar, cerdik, terampil dan tangkas, maka pekerjaan akan cepat rampung.
.
Seseorang yang memiliki INISIATIF, dia akan cepat bertindak, tanpa harus diperintah terlebih dahulu. Karena sudah tahu akan TUPOKSI-nya.
.
Dan apabila menghadapi kendala, masalah atau tidak sesuai dengan yang diharapkan, dia akan mencari cara, ide baru, alternatif-alternatif lain, sebagai solusi menghadapi masalah tersebut.
.
Dia tidak hanya terpaku pada satu cara. Tidak kaku, dan mudah menyesuaikan dengan keadaan. Inilah yang disebut LENTUR atau LUWES.
.
OPEN disini bisa berarti PEDULI atau TERBUKA. Jika setiap orang peduli terhadap dirinya sendiri lebih-lebih pada orang lain, maka akan tercipta suasana bekerja yang NYAMAN dan BAHAGIA.
.
Begitu juga, seseorang yang TERBUKA, mau membuka gerbang cakrawala berpikir, mau menerima perubahan, hal baru, menerima pendapat orang lain. Mengatur ego. Akan membantu memperkuat kepercayaan diri, dan kepercayaan orang lain.
.
KREATIF menggali ide, inovasi, variasi dalam bekerja akan membuahkan sesuatu yang baru dan segar. Tidak monoton. Variasi (cara yang berbeda) dalam melakukan suatu pekerjaan akan membuat hidup menjadi lebih indah.
.
Akhirnya dengan menerapkan 5 prinsip dalam CILOK, maka pelayanan menjadi PRIMA, pelanggan menjadi PUAS, zero complain, dan tentunya sang bos akan memberikan acungan jempol.👍👍👍
.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Cilok
https://kbbi.web.id/
.
Salam Hangat
sehangat sup di pagi hari
.
Dwi Supriyanto - supberinergy
#AdaCilokDiSekolah
#HangatNikmatLezat

0 komentar:

Posting Komentar